fbpx
komunikasi adalah hal yang sangat penting dalam hubungan

Komunikasi yang baik adalah hal yang paling vital dari semua segala aspek di hubungan, terutama interaksi antar pasangan. Semua hubungan memiliki masa-masa ups dan downs, namun gaya komunikasi yang sehat dapat membuat hal tersebut menjadi lebih mudah untuk ditangani. Memang, kita tidak jarang sering mendengar pentingnya komunikasi dalam hubungan, tapi tidak begitu mengetahui lebih secara mendalamnya terhadap apakah ini dan bagaimana kita dapat menggunakan komunikasi yang baik di hubungan kita.

Sebenarnya, hubungan itu tidak susah untuk dijaga, jika mereka terlibat dalam komunikasi yang sehat antara satu sama lain. Ketika masing – masing individu mengetahui secara peka terhadap apa yang dirasakan pada suatu tertentu oleh pasangan, dari situ, lah, terjadinya keterbukaan dan kebebasan berekspresi di hubungan dan terciptanya kemudahan mempertahankan.

Keterampilan komunikasi yang baik dapat mengarahkan ke hubungan yang sehat. Selanjutnya, inilah beberapa segi-segi berikut:

  • Membangun kepercayaan
  • Dapat saling mendukung pasangan
  • Cinta yang semakin kuat

LDR (Long Distance Relationship)/Hubungan Jarak Jauh

komunikasi adalah hal yang penting dalam sebuah hubungan
the human connection between love and hate – Jewish memorial berlin

Permasalahan dalam komunikasi merupakan rintangan yang tak terpungkiri untuk setiap hubungan, dan hubungan jarak jauh – pun tidak terkecuali. Namun ketika ada memasuki perbedaan waktu, contohnya gangguan jaringan wifi dan perasaan seperti menjalani usia berabad tanpa bertemu satu sama lain atau perasaan bagaikan cinta adalah medan pertempuran di tingkat yang berbeda. Meskipun hal tersebut tampaknya sulit bagi LDR (Long Distance Relationship) alias hubungan jarak jauh, namun ada beberapa cara untuk membantu jenis hubungan ini, yaitu:

  • Jadwalkan waktu anda “bersama” secara teratur
  • Mengirimkan hadiah semacam berupa fisik, seperti paket perawatan
  • Berkreasilah dengan komunikasi
  • Membuat perjanjian melakukan kegiatan tertentu bersama
  • Prioritaskan panggilan suara dan video daripada pesan teks.
  • Latihan menjadi pendengar yang aktif terhadap satu sama lain
  • Rencanakan kesempatan untuk bertemu, dan bagikan perencanaan secara merata

Kenapa Hubungan Tidak Dapat Bekerja Tanpa Komunikasi yang Efektif

komunikasi dalam hubungan menjadikan hubungan awet
via
Wesley Balten

Kita secara tidak sadar terus berkomunikasi satu sama lain dengan cara yang kita berikan dengan bahasa tersendiri yang dapat dipercayai atau tidak. Sebagai contoh, selain kata – kata literal, kita secara tidak sadar berkomunikasi melalui non verbal seperti reaksi dari ekspresi wajah dan bahasa tubuh yang mengisyaratkan sesuatu, selain itupun kita berkomunikasi melalui nada suara kita, dan juga kita berkomunikasi melalui perilaku.

Pasangan yang tidak belajar berkomunikasi secara kesadaran, akan menghadapi masalah dalam hal keintiman, konflik, dan perkembangan hubungan. Maka dari itu, memahami dunia batin pasangan anda dan membuat mereka memahami dunia anda sangat penting untuk hubungan yang sebenarnya. Apabila kamu memang kesulitan mengungkapkan sesuatu yang butuh dikomunikasikan, maka seiring berjalannya waktu kamu akan menemukan cara untuk berkembangnya sendiri.

Kurangnya komunikasi dalam sebuah hubungan tidak boleh dibiarkan saja, terutama dalam situasi ketika sedang aktifnya kamu merasakan seperti tidak bisa mengungkapkannya kepada pasangan anda.

hubungan akan menjadi renggang tanpa komunikasi
via Damir Spanic

Efek dari kurangnya komunikasi dalam hubungan:

  • Konflik yang meningkat
  • Perspektif yang negative terhadap pasangan
  • Berpaling dari upaya satu sama lain untuk terhubung
  • Merasa tidak terlihat atau tidak dikenal
  • Kesepian
  • Kurangnya intimasi
  • Kesulitan menetapkan dan mencapai tujuan

Baca juga: Wajib Tanya! 10 Pertanyaan untuk Pasangan Sebelum Menikah

Bagaimana untuk memperbaiki masalah komunikasi di suatu hubungan:

pentingnya komunikasi dalam hubungan agar kamu makin awet
Via Hannah Cook

Lihatlah gaya keterikatan anda dan pasangan

Dalam psikologi,teori keterikatan berpendapat bahwa “gaya setiap orang dalam melakukan hubungan dibentuk oleh jenis kepedulian yang mereka terima dari orang pertama yang mengasuhnya”. Jika salah satu atau keduanya merasa gaya dari ikatan yang tidak nyaman dalam hubungan mereka, – artinya mereka cenderung membentuk keterikatan yang tidak aman alih – alih keseimbangan dan keamanan. Maka komunikasi akan didorong oleh kecemasan daripada autentisitasnya.

Dengan sikap ketidakamanan tersebut, biasanya individu seperti ini cenderung menghindar dan butuh ruang sendiri atau merasa kecemasan dengan putus asa. Dalam kedua kasus tersebut penting untuk mempelajari tentang bagaimana membuat mereka merasa cukup aman untuk terlibat dalam komunikasi secara nyata melainkan dengan langkah – langkah perlindungan diri.

Sebagai pasangan, anda dapat menanggapi aksi menghindar ini dengan meminta untuk berkomunikasi sedikit demi sedikit, memberi mereka waktu untuk berpikir, atau menawarkan beberapa percakapan melalui teks atau email. Demikian, dengan masalah aksi keputusasaan pasangan, anda bisa mencoba berkomunikasi dengan cara yang dapat diprediksi dan secara aktif meyakinkan perasaan anda terhadap mereka.

Jelajahi ketidakcocokan meta – emosi apa pun

Ketidakcocokan meta – emosi berate kedua orang tersebut memiliki perasaan yang berbeda tentang perasaan. Salah satu dari pasangan percaya bahwa perasaan sangat membantu untuk didiskusikan dan dirasakan, sementara pasangan yang satunya percaya bahwa perasaan itu tidak membantu. Alhasil, kejadian ini memicu ke tantangan. Solusi yang dapat dilakukan yaitu penting untuk mengeksplorasi apa yang kedua pasangan pikirkan tentang emosi. Setelah mendapatkan informasi dari kedua perspektif yang berbeda, carilah jalan tengahnya bersama dengan pasangan untuk menstabilkan fakta – fakta. Demikian, hal ini menjadikan kedua pasangan lebih bersedia untuk melihat solusi dan kompromi dan mengalirkan perasaan dalam beberapa percakapan.

Atasi luka masa lalu yang belum terselesaikan

Alasan lain Anda mungkin kesulitan untuk berkomunikasi adalah karena sesuatu yang menyakitkan terjadi dalam hubungan Anda yang belum terselesaikan sepenuhnya. Mungkin ada pengkhianatan, atau seseorang mengatakan sesuatu yang bertentangan terhadap pasangan. Untuk maju dan mulai berkomunikasi dengan lebih baik, Anda perlu memproses rasa sakit ini, membangun kembali kepercayaan, dan bersedia untuk saling memaafkan.

Jika pasangan Anda tidak berkomunikasi dengan Anda, ada gunanya untuk mengidentifikasi “mengapa” — apakah itu sesuatu yang tersisa sejak masa kanak-kanak? Apakah mereka merasa tersakiti oleh Anda? Apakah mereka hanya memiliki gagasan yang berbeda tentang apa artinya berkomunikasi?

Itu dia, YoungFams, Pentingnya komunikasi dalam hubungan yang wajib kamu terapkan dalam hubungan kamu dan pasangan. Apakah kamu dan pasangan sudah menerapkan komunikasi yang baik? Tulis di kolom komentar, yuk!

#

4 Responses

  1. Udah bagus banget nih, isinya solutif dan jelas. Cuma mungkin bisa diperbaiki paragrafnya jangan terlalu padet ya, supaya bacanya nyaman. Keep it up!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *