fbpx
apa yang dimaksud dengan toxic relationship
Yofam.id – Toxic Relationship

Apa itu toxic relationship? Dalam menjalani hubungan dengan pasangan kita pasti ingin memiliki impian hubungan cinta yang menyenangkan dan sehat. Yang bersifat saling memberikan timbal balik, baik seperti membantu saling berkembang, saling memberikan kasih sayang dan saling percaya satu dengan yang lainnya. Tetapi dalam kenyataan ada beberapa pasangan yang seharusnya mendapatkan hubungan yang sehat malah justru menjalankan hubungan dengan banyak emosi negatif di dalamnya. Hubungan yang seharusnya terjalin dengan sifat dua arah malah menjadi bersifat satu arah dengan banyak luapan emosi negatif didalamnya.

Contohnya bila dalam suatu hubungan salah satunya merasa sulit untuk menjadi diri sendiri dikarenakan selalu dikontrol oleh pasangannya, susah untuk berkembang, dan alhasil menjadi terbebani dan mungkin menjadi sulit untuk membuka diri dengan lingkungan luar. Bila merasakan hal seperti itu mungkin kamu sudah berada di suatu hubungan yang tidak baik atau saat ini lebih dikenal toxic relationship.

Apa yang Dimaksud Dengan Toxic Relationship?

Apa itu Toxic Relationship? kamu harus tahu toxic relationship atau hubungan beracun, menurut seorang ahli komunikasi dan psikologi, Dr. Lilian Glass adalah hubungan yang tidak saling mendukung satu sama lain. Yang mana salah satu pihak berusaha memiliki kontrol yang besar terhadap pihak lain.

Dalam hubungan yang beracun ini sering kali orang yang ada dalamnya, tidak menyadari bahwa ia sedang mengalami ataupun terjebak dalamnya . coba kamu pikirkan, apakah kamu sedang mengalami kondisi ini? apakah hubungan kamu dan pasang biak-baik saja? mengapa harus mengetahui hal ini? untuk itu kamu harus coba simak tanda-tanda toxic relationship dibawah ini! 

1. Sering di Kontrol dan sulit menjadi diri sendiri 

Bila kamu merasa sering dikontrol oleh pasangan kamu dan sulit untuk bertindak sesuai kemauan kamu, mungkin kamu harus waspada karena tanda ini yang paling terlihat jelas. Seperti contoh kamu sering dipaksa sesuai kehendak pasangan kamu dan harus menjalankan perintah sesuai dengan keinginan pasangan kamu. Sering kali hal tersebut dibuat untuk kebaikan diri kamu dan atas dasar kasih sayang yang ia berikan ke kamu. Dikarenakan hal tersebut mau tidak mau kamu akan melakukan sesuatu sesuai dengan kehendak pasangan kamu dan takut untuk mengutarakan pendapat kamu.

2. Cemburu yang Berlebihan

Apakah pasangan kamu sering cemburu? selalu ingin tahu aktivitas yang kamu jalani? ingin tahu kamu dimana dan dengan siapa setiap saat? bila seperti itu kamu harus berhati-hati bila punya pasangan yang seperti ini. Cemburu yang berlebih itu tidak baik, ada saatnya kamu memiliki privasi untuk diri kamu sendiri dan bebas untuk menentukan apa yang kamu inginkan.

3. Sering Dibohongi Oleh Pasangan

Kamu pasti nggak suka kan kalau ada orang lain bohong ke kamu? apalagi pasangan kamu sendiri. Dengan susah payah membangun kepercayaan satu dengan yang lain. Ternyata kamu sering dibohongi oleh pasangan dan pasangan kamu menutupi banyak hal. Itu tanda kamu dalam masa hubungan toxic relationship.

4. Banyak Masalah yang Tidak Terselesaikan

Setiap pasangan pasti punya masalah tersendiri, bisa dikarenakan perbedaan pendapat antara kamu dan pasangan ataupun hal lainnya. Hal seperti itu pasti ada dalam suatu hubungan, hanya bagaimana kita menyelesaikannya. Tetapi beda halnya dengan pasangan yang berada dalam toxic relationship, masalah seringkali terabaikan dan tidak ada solusi hingga akhirnya. Mulai dari masalah kecil yang sepele yang akan terus berulang dan malah menjadi besar. Salah satu diantara kalian akan memaksakan untuk mengalah untuk masalah tersebut.

5. Adanya Kekerasan Fisik

Bila pasangan kamu sering bertindak kasar dan berujung pada kekerasan fisik berarti hubungan kamu sudah bisa dikatakan toxic. Dalam segala hal kekerasan fisik merupakan tindakan yang tidak bisa dibenarkan. Tapi tidak jarang orang yang dalam hubungan ini membenarkan tindakan fisik yang dilakukan oleh pasangannya. Hal ini bisa berdampak pada kesehatan mental dan fisik seseorang.

Bila kamu merasa ada satu atau tanda di atas berarti hubungan kamu dan pasangan sudah dipastikan toxic relationship. Tidak sedikit loh youngfam orang yang ada di dalam hubungan ini akan membiasakan diri pada hal-hal negatif tersebut dan menjadikan hal tersebut menjadi hal yang wajar dan biasa. Oleh sebab bila kamu merasa mengalami hal ini harus segera dipertimbangkan untuk keluar dari hubungan tersebut.

mengakhiri toxic relationship
yofam.id – Toxic Relationship

Bagaimana cara keluar dari Toxic Relationship?

Tadi kamu udah taukan tanda-tanda bila kamu berada dalam hubungan yang beracun? sekarang kamu pasti ingin tau juga bagaimana cara mengakhiri atau keluar dari hubungan tersebutkan?  coba cek beberapa solusi dibawah ini 

1. Diskusi dengan pasangan dan evaluasi hubungan

Coba kamu diskusikan sama pasangan, evaluasi bersama bagaimana awal mula kalian menjalin hubungan dengan melihat masa lalu saat sebelum memulai memutuskan bersama. Hal ini penting loh untuk menentukan bagaimana kalian kedepannya. Coba renungkan kembali dengan beberapa hal dibawah ini :

  • Apakah saat bersamanya merasa bahagia?
  • Dapatkah hubungan tersebut dapat membuat kalian berkembang bersama?
  • Apakah kamu ingin terus bersamanya ke depannya? 
  • Apakah kamu rela untuk menghabiskan waktu bersamanya?
  • Bila takut kehilangan, apakah hanya karena tidak tega meninggalkannya dan takut untuk memulai kembali suatu hubungan?

BACA JUGA ARTIKEL : Pentingnya Komunikasi dalam Hubungan

2. Cari lingkungan dan kegiatan yang positif

Bila kamu telah keluar atau berpisah dari hubungan yang tidak baik sebaiknya kamu mengisi kekosongan dalam diri kamu. Sebaiknya kamu memulai dengan mencari lingkungan yang dapat mendukung diri kamu seperti kembali bermain dengan sahabat-sahabat yang dapat memberikan motivasi yang baik. Ataupun kamu bisa mencari kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan kesukaan kamu.

3. Konsultasi dengan profesional

Bila kamu masih juga sulit lepas dari perasaan yang tidak enak setelah berpisah dengan pasangan kamu dan banyak berpikir dengan hal-hal yang membuat kamu gelisah setiap waktu, tidak ada salahnya kamu coba untuk berkonsultasi kepada psikolog atau psikiater, jangan takut untuk berkonsultasi kepada profesional dalam hal kesehatan mental. Psikolog dapat membantu kamu bila mengalami masalah pada tahap kamu dapat membahayakan diri kamu sendiri maupun orang di sekitar kamu. Mungkin pada awalnya akan terasa sulit karena stigma masyarakat yang masih buruk dalam hal kesehatan mental. Padahal hal tersebut merupakan yang paling terpenting dalam kita menjalani kehidupan selain kesehatan fisik.

Sebuah hubungan percintaan memang sering membutakan seseorang dalam menilai ataupun merasakan sesuatu. Butuh tekad dan keberanian untuk keluar dari toxic relationship. Jangan takut untuk kehilangan dan mengorbankan suatu hubungan untuk kebahagiaan diri kamu sendiri. Karena yang terpenting adalah kebahagiaan atas diri kamu sendiri adalah tanggung jawab kamu sendiri, bila kamu tidak menghargai diri sendiri maka orang lain akan mudah untuk berbuat seenaknya kepada kamu.

Jadi kamu sudah mengertikan apa itu toxic relationship? Bagaimana menurut kamu? apakah kamu masih dalam toxic relationship? kamu bisa diskusi mengenai hal ini lewat kolom komentar atau berbagi pengalaman lewat sosial media kami bersama Milly dan Yoyo loh, yuk cek juga ya sosial media kami yang lain!

#

One response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *